TALAGA RANO SURGA KECIL DI TENGAH HUTAN BELANTARA HALMAHERA BARAT

Pengalaman Tak Terlupakan
                                                       

                                                                         Doc:Tepi Talaga Rano

    Satu hal yang paling membuatku merasa beruntung adalah bisa sampai ke Talaga Rano. Sebagai orang daerah lain yang ikut menjelajahi hutan Sahu di Halmahera Barat, tentunya ada kebanggan tersendiri bisa mendaki dan menjelajahi salah satu hutan dari sebuah pulau terbesar di Maluku Utara itu yah its Halmahera Island.
    Maluku Utara memiliki banyak sekali tempat wisata baik Wisata Bahari, Ekowisata, Geowisata maupun Hutan Wisata. Salah satunya yaitu Talaga Rano. Talaga Rano merupakan gabungan dari Hutan Wisata dan Geowisata, tepatnya berada di Halmahera Barat, Kecamatan Ibu tepatnya di antara gunung Sahu dan gunung Gamkonora dengan menggunakan jalur dari Desa Gamsungi.
   
    Liburan perkuliahan telah tiba tepatnya tanggal 12-14 Desember 2020, aku dan teman-teman menyiapkan segala keperluan karena rencananya kami akan melakukan pendakian ke Talaga Rano yang konon katanya sangat indah dan harus melalui jalan yang berliku dan cukup ekstrim terutama bagi perempuan seperti kami. Namun karena rasa penasaran, kami tetap melakukan pendakian. Pertama kali menginjakkan kaki di puncak gunung Sahu terlihat gunung Gamkonora terbentang jauh di sana sedangkan di bawah kaki gunung Sahu kami bisa menikmati indahnya panorama alam yang disuguhkan Talaga Rano. Setelah melakukan perjalanan yang cukup jauh dan ekstrim sekitar 10 jam akhirnya kami sampai di Talaga Rano. Dan wow kami benar-benar terpesona. Sungguh Talaga Rano adalah surga tersembunyi yang berada jauh di hutan belantara Halmahera Barat.
                                                                            Doc:Tepi Talaga Rano
    Talaga Rano adalah sebuah telaga dengan air hangat karena mengandung belerang  dengan ukuran yang cukup besar, Talaga Rano merupakan  sebuah Danau yang terbentuk dari proses Vulkanik yang terjadi ratusan tahun lalu. Talaga Rano juga terdapat 9 pulau kecil yang terapung di atasnya, dengan sekeliling Talaga yang dipenuhi dengan pepohonan dan tebing-tebing yang curam Talaga Rano memiliki aura eksotis tersendiri yang tidak bisa di lukiskan dengan kata-kata. Benar-benar pengalaman ini tidak akan bisa kami lupakan.

Komentar